Minggu, 24 Mei 2015

TIPS N TRIK Menjauhi Narkoba



 

TIPS MENJAUHI NARKOBA


Di kota-kota besar, banyak remaja yang memiliki masalah mencari solusinya dngan mengkonsumsi NARKOBA. Persoalan yang dihadapi remaja di kota biasanya seputar cinta yang tidak direspon oleh orang yang dikasihinya, putus cinta, pelajaran yang dianggap sulit hingga nilainya selalu jelek, persoalan dalam keluarganya dan lain-lain. Munculnya persoalan tersebut secara cepat dapat menjerumuskan seorang remaja untuk mengkonsumsi obat-obat terlarang karena didukung pula oleh banyak bergelantayangannya mafia-mafia pengedar obat terlarang.
Agar remaja tidak terjerumus mengkonsumsi NARKOBA, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh remaja :
1. Mengetahui Keharaman Mengkonsumsi Narkoba Dari Sudut Agama
Seorang remaja harus mengetahui bahwa mengkonsumsi NARKOBA hukumnya haram. Dalam Islam, keharaman NARKOBA dianalogikan denagn minuman keras (khamr). Allah SWT berfirman dalam QS. Al Maidah : 90 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk0 berhala, mengudi nasib dnegan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keuntungan.”
Sabda Nabi :
“Setiap yang memabukkan adalah khamer dan setiap khamr adalah haram.” (HR. Muslim)
NARKOBA adalah zat yangbisa memabukkan, karena itu NARKOBA juga termasuk khamer, maka hukum mengkonsumsi NARKOBA adalah haram. Bahkan mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikitpun haram. Rasulullah SDAW bersabda : “Zat apapun kalu banyaknya membaukkan maka sedikitnyapun haram.”(HR. Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi)
Siapa yangmelakukan perbuatan haram berarti ia telah melakukan dosa. Setiap dosa berarti kepedihan di api neraka. Bahkan dalam syariat Islam, pengonsumsi NARKOBA hukumannya berat, yaitu didera sampai 80 kali.
2. Memperkuat Pertahanan Spiritual
Agar remaja tidak mudah terpengaruh oleh ajakan atau bujukan kawan dna mampu mengatasi rasa keingintahuannya, maka remaja harus meningkatkan spiritualitasnya. Spiritualitas adalah kondisi jiwa yang senantiasa diarahkan kepada ALLAH SWT. Untuk meningkatkan spiritual, seorang remaja harus mengamalkan ajaran-ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh).
Seorang remaja harus sholat lima waktu dengan baik, kalu bisa ditambah sholat-sholat sunnah. Karena sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Seorang remaja juga harus melaksanakan puasa wajib setiap bulan Ramadhan dan jika bisa juga puasa-puasa sunnah lainnya. Karena puasa dapat mengendalikan hawa nafsu yang selalu mengajak kepada kejelekan.
Seorang remaja juga harus zakat, baik zakat fitrah ataupun zakat mal. Di samping itu , seorang remaja juga harus rajin bersedekah dan menolong orang-orang yang tidak mampu, karena perbuatan ini akan menghilangkan sifat egois danmenyadarkan akan pentingnya menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Jika tergolong orang yang mampu, seorang remaja juga diharapkan melakukan ibadah haji. Karena dengan berhaji maka kesombongan dan kecongkakan akan hilang dan dirinya.
Dengan melakukan perbuatan-perbuatan ini, spiritualitas seorang remaja yang kuat, sehingga ia dapat membentengi dirinya dari setiap godaan yang akan menghancurkan dirinya baik dunianya maupun akhiratnya.
3. Mengikuti Kegiatan Intra dan Extrakurikuler Yang Positif
Dengan mengikuti kegiatan intra atau extra kurikuler yang positif, seorang remaja akan terhindar dari kekosongan waktu. Kekosongan waktu biasanya mendorong remaja keluar rumah dan menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang dapat mengarahkan dirinya kepada NARKOBA.
4. Memilih Teman Yang Baik
Pergaulan akan mempengaruhi perilaku seseorang. Orang yang berteman dengan orang yang baik, kemungkinan besar ia akan baik. Sebaliknya orang yang berteman dengan orang jahat, kemungkinan besar ia juga akan ikut jahat. Karena itu, remaja hendaknya memilih teman yang baik, agar ia juga ikut baik.
5. Berpikir Jangka Panjang
Remaja harus memiliki pandangan yang luas dan berwawasan ke depan. Ia harus mampu memikirikan semua perbuatannya, apa dampak positif dan negatifnya, Jika suatu perbuatan akan mendatangkan dampak negatif, maka ia harus menjauhinya. Dalam hal NARKOBA jelas dampak negatifnya sangat banyak, karena itu tidak ada pilihan lain bagi remaja, kecuali menjauhinya.
Jika remaja mampu melakukan 5 (lima) hal di atas seorang remaja pasti akan mampu menjaga dirinya dari ancaman NARKOBA. Hanya remaja-remaja yang mampu mengendalikan dirinya dari NARKOBA yang akan dapat meraih masa depannya dengan gemilang.
Nah bila kita semua sudah tahu dampak buruk dari obat-obatan terlarang seperti narkoba mematikan mengapa pula narkoba banyak yang kecanduan? Dari segi ilmu pengetahuan manapun baik agama maupun kesehatan tidak ada untuknya bagi kita mengkonsumsi obat-obatan terlarang tersebut.

Sumber :
OLEH : PIA ANNISA
KADER ANTI NARKOBA PELAJAR STIKES ANALIS KESEHATAN BATAM

2 komentar: